Sidang Guru, Tekankan Jiwa Keikhlasan Mengajar

 2017-08-04 10:37


Sidang Guru, Tekankan Jiwa Keikhlasan Mengajar

Sidang Guru merupakan forum silaturrahmi seluruh guru Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabar, dalam sidang guru ini selain bersilaturrahim, ada agenda yang tak kalah penting, yaitu saat dimana Pimpinan Pondok, Direktur dan seluruh Pimpinan Lembaga menyampaikan arahan-arahan dan progam-progam Pondok secara umum dan progam lembaga secara khsusus dalam satu tahun mendatang.

Sidang guru perdana untuk tahun ajaran baru 2017-2018 M diadakan di gedung Auditorium Putra pada Rabu, 5/7/2017 setelah pelaksanaan Apel Tahun Ajaran Baru. Turut hadir dalam acara tersebut Ustadz Moh. Bisri, MA  selaku ketua Majlis Riyasatil Ma’had (MRM), Pimpinan Pondok, Ketua-ketua lembaga, dan 146 guru putra dan 188 guru putri dari tingkat TA. Al-Manar sampai TMI dan TMt-I.

Pada kesempatan ini, Ustadz Moh. Bisri, M.A juga  menyampaikan banyak nasihat kepada para guru, khususnya tentang keikhlasan dalam mengajar. Kemudian dilanjutkan dengan  sambutan Bapak Pimpinan Pondok yang menyampaikan tentang berharganya peran seorang guru dalam mendidik dan menyiapkan generasi umat di masa depan, sehingga diharapkan seluruh guru meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan wawasannya agar seluruh santri lebih dengan mudah menerima materi yang diajarkan, baik di dalam kelas maupun pendidikan di luar kelas.

Pada kesempatan ini, Direktur TMI dan TMt-I juga menyampaikan laporan yang berkaitan dengan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), yang meliputi mata pelajaran, alokasi jam pelajaran, keadaan kelas, kalender kegiatan dan program-program lainnya.

Selain itu Direktorat TMI/TMt-I juga membagikan peralatan mengajar kepada seluruh guru, yang meliputi buku I’dad at-tadris (persiapan mengajar), alat tulis, dan buku pelajaran yang diampu oleh masing-masing guru. Pembagian peralatan mengajar tersebut bertujuan agar guru lebih siap dalam melaksanakan kegiatan mengajar kepada santri di kelas. (Fawaid, Fran)