Sungkeman dan Silaturrahim ‘Idul Fitri

 2017-07-15 13:37


Sungkeman dan Silaturrahim ‘Idul Fitri

Berlebaran di pesantren, bagi beberapa kalangan santri merupakan hal yang membosankan karena tidak dapat berkumpul dengan sanak keluarga. Namun tidak demikian yang dialami oleh santri kelas VI Pondok Ngabar. Dalam tradisi Pondok Ngabar, santri akhir diberi kewajiban untuk bermukim di pesantren selama Ramadhan hingga Syawwal, alias mukim di pondok selama liburan.

Meskipun tidak pulang ke rumah, para santri tetap menjalankan hari raya Idul Fitri sebagaimana biasa, bahkan banyak pengalaman berharga yang mereka dapatkan. Selepas melaksanakan sholat Idul Fitri bersama para guru, santri-santri kelas VI mengadakan sungkeman kepada pimpinan pondok para asatidz sebagaimana mereka lakukan kepada orang tua masing-masing.

Tak hanya para santri, masyarakat juga berduyun-duyun bersilaturrahim dengan Pimpinan Pondok pada hari lebaran pertama hingga hari ketujuh. Para tamu datang dari berbagai daerah seperti Ponorogo, Pacitan, Madiun, Ngawi, Magetan, dsb. Dalam silaturrahim ini Pimpinan Pondok memberikan pengenalan ringan tentang pesantren kepada masyarakat yang datang.

Tidak ingin ketinggalan, para Alumni juga turut hadir dalam acara silaturrahim Idul Fitri di Pondok Ngabar. Bahkan di antaranya ada yang sekaligus menyerahkan donasi wakaf tunai untuk renovasi masjid, yaitu Alumni ke-28 yang memberikan donasi tahap keduanya sebasar Rp. 21.159.900, dan alumni ke-49 sebesar Rp. 8.130.000,-.

Selain silaturrahim internal, para santri dan guru juga mengadakan silaturrahim ke luar pondok yang dilaksanakan pada Rabu dan Kamis, 28-29/6/2017 ke pondok pesantren sekitar, yaitu Pondok Modern Darussalam Gontor 1, Pondok Pesantren Al- Mawaddah Coper, Arrisalah, Darul Istiqomah, Darul Fikri, dan Al- Iman Putri. Kegiatan ini di ikuti oleh Asatidzah dan seluruh Santri kelas VI Tarbiyatul Mu'allimin/Mu'allimat Al- Islamiyah yang berjumlah 206 santri. (Fran & Zulfa)