Alumni ke-51, Generasi Muhammad Al-Fatih

 2017-07-15 11:50


Alumni ke-51, Generasi Muhammad Al-Fatih

Sabtu malam, 13/5/2017, Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar menggelar acara Khutbatul Ikhtitam Santri Kelas VI Alumni ke-51 Tarbiyatul Mu'allimin/ Mu'allimat Al-Islamiyyah di depan asrama Sunan Gunung Jati kampus putra, dengan jumlah 85 santri putra dan 101 santri putri.

Turut hadir dalam acara tahunan tersebut Ketua Majlisu Riasatil Ma'had, Ustadz KH. Moh. Bisri, M.A; Pimpinan Pondok beserta istri; Pimpinan-pimpinan lembaga; Guru-guru; santri; dan wali santri.

Acara dimulai pada pukul 19.15 WIB diawali dengan penampilan music dan hadroh dari santri putra. Prosesi wisuda dilaksanakan di luar ruangan (outdoor), karena peralihat fungsi auditorium menjadi masjid yang sementara ini masih dalam tahap renovasi. Hal ini tentu membuat prosesi wisuda tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Khutbatul Ikhtitam tahun ini mengangkat tema Muhammad Al-Fatih dengan harapan para santri, khususnya alumni ke-51 memiliki semangat juang yang tinggi, matang dalam kepribadian, kepemimpinan, dan spiritualitas, layaknya panglima penakluk konstantinopel tersebut.

Agenda inti dalam Khutbatul Ikhtitam adalah penyampaian nasihat dan pesan-pesan terakhir dari Pimpinan Pondok, serta pengukuhan sebagai alumni. Hal ini dinilai sangat penting mengingat alumni merupakan ujung tombak penerus estafet eksistensi Pondok Ngabar. Mengingat urgensi hal tersebut, panitia juga melakukan live streaming agar alumni terdahulu juga dapat ikut menyimak kembali nasihat dari para Kiai.

Pada kesempatan ini, alumni ke-51 memberikan bantuan wakaf kepada Pondok berupa uang tunai senilai Rp. 82.900.000,- untuk dibelikan mobil box Mitsubishi L300 seharga Rp. 184.000.000,-. Simbolisasi penyerahan wakaf diterima oleh Ustadz M. Yasin, M.Ag dari perwakilan alumni ke-51, Akh Rois Nur Arif Wicaksono.

Acara Khutbatul Ikhtitam yang dimulai pada pukul 19:30 WIB ini diakhiri dengan perfotoan bersama pada pukul 22:35 WIB. Senyum dan tangis kesyukuran tergambar di wajah para alumni. Selamat jalan, semoga dapat menjadi alumni yang bermanfaat bagi Agama dan Bangsa. (Fran)

Video Khutbatul Ikhtitam Alumni 51 dapat diakses di sini