Pengadaan Komputer Santri

 2017-05-24 09:52


Pengadaan Komputer Santri

Sebagai lembaga pendidikan pesantren, Pondok Ngabar tidak hanya memberikan bekal 'kunci' kepada santri dalam bidang akademis, namun juga dalam hal keterampilan, seperti bermain music, melukis, komputer, desain grafis, dsb.
Pada tahun ini, Direktorat Tarbiyatul Mu'allimin dan Muallimat al-Islamiyyah sedang berupaya meningkatkan pembelajaran dan keterampilan santri dalam bidang teknik informatika dan komputer guna mengimbangi perkembangan zaman.

Salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan mengadakan pengadaan dan renovasi laboratorium komputer sebanyak 23 unit personal computer (PC) client dan 4 kompter server. Selain digunakan untuk praktikum komputer dan ektrakurikuler IT Club, mulai tahun ini laboratorium juga akan digunakan untuk penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tingkat Madrasah Aliyah.

Program pengadaan dan renovasi laboratorium komputer ini menghabiskan biaya sebesar Rp. 150.000.000,-. Selain pengadaan, perbaikan komputer lama, kenaikan daya listrik, dan penambahan fasilitas penunjang juga dilakukan agar pembalajaran dapat dilaksanakan dengan maksimal

Saat ini, TMI telah memiliki 1 ruangan Laboratotium 32 unit komputer dan 2 komputer server. Sedangkan TMt-I memiliki 35 unit komputer dan 2 komputer server dengan 1 ruangan laboratorium. Rencananya, akan diadakan pengadaan tahap II untuk tahun ajaran mendatang, sehingga terdapat masing-masing 2 ruangan laboratorium di TMI dan TMt-I.

Lebih jauh lagi, Tim Information and Communications Technology (ICT) Pondok Ngabar bertekad mengambangkan sistem informasi pendidikan pesantren yang terintegrasi di masa mendatang. Sehingga, pesantren menjadi lebih tertib dalam administrasi. (Amir Dardiri)