Supervisi Guru, Upaya Menjaga Ruh Mudarris

 2017-05-24 09:47


Supervisi Guru, Upaya Menjaga Ruh Mudarris


Tarbiyatul Mu'allimin wal Mu'allimat Al-Islamiyah (TMI/TMt-I) merupakan lembaga pendidikan formal tingkat menengah baik putra maupun putri yang berjalan secara terpisah namun menerapkan sistem yang sama. Aktifitas pembelajaran dimulai sejak pukul 06.30 pagi hingga pukul 13.00 siang yang terbagi menjadi 8 jam pelajaran dalam 1 hari.

Direktur TMI dan TMt-I selaku pemegang amanah tertinggi dalam menjalankan amanah senantiasa bekerja maksimal untuk menjaga kualitas sistem pembelajaran pagi, senantiasa istiqomah dalam menata dan mempertahankan sunnah-sunnah pendidikan yang selama ini ada di Pondok yaitu pembentukan calon guru-guru Islam masa depan.

Dalam mengupayakan terjaganya kualitas pendidikan yang ada, Direktur senantiasa memastikan tidak adanya kelas kosong, keterlambatan guru dalam masuk kelas dan kesiapan guru dalam mengajar tiap-tiap pelajaran yang diampu oleh seluruh guru. Salah satu progam utama yang dijalakan untuk menjaga kualitas pengajar semua guru ialah dengan adanya kegiatan supervisi Supervisi merupakan bentuk evaluasi dan penilaian terhadap cara mengajar guru, hingga guru benar-benar menjadi profesional dalam pelajaran yang diampunya, I'dad atau persiapan mengajar dibuat dengan baik, penampilan dan akhlak guru menjadi sentral sebelum guru memasuki kelas. Selain itu guru juga harus mampu mengelola kelas dengan baik sehingga semua santri dengan gembira menerima pelajaran yang diajarkan. Namun di balik semua itu, ruh guru menjadi pondasi utama dalam mengajar, karena dengan ruh yang penuh semangat dalam mengajar, santri yang tidak bisa sama sekali akan mudah dalam memahami setiap materi karena disana diayomi oleh ruh keihklasan guru dalam mengajar dan mendidik santri.

Supervisi guru di TMI dan TMt-I berlangsung pada 28 Januari – 2 Februari 2017 M, dengan melibatkan 100 guru TMI dan 105 Guru TMt-I. Supervisi ini diawasi dan dievaluasi secara langsung oleh Pimpinan Pondok, Direktur dan Guru-guru senior yang ahli dalam materi pelajaran tersebut. Hasil dari Supervisi ini kemudian akan dijadikan landasan pengambilan keputusan terhadap jam dan materi pelajaran guru di tahun mendatang, serta untuk tetap menjaga keistiqomahan Pondok dalam menjalankan sistem pendidikan Islam secara menyeluruh