Atmosfer Keberkahan dalam Reuni Alumni

 2017-01-29 17:52


Alhamdulillah, syukur tak terhingga senantiasa terpanjatkan keahadiran Allah SWT karena sampai saat ini limpahan rahmat dan keberkahan senantiasa tercurahkan kepada Pondok Ngabar tercinta. Salah satu bentuk keberkahan yang saat ini tengah diterima dan dirasakan oleh Pondok adalah terlaksananya reuni 3 angkatan alumni dalam satu waktu, yaitu alumni 23, alumni 30 dan alumni 45. Allahuakbar

Reuni alumni merupakan moment dan kesempatan langka dan berharga, karena setelah sekian lama akhirnya bisa berjumpa dan bersua kembali dengan kawan, sahabat seperjuangan selama menuntut ilmu di Pondok tercinta. Jelas kesempatan yang berharga ini pasti akan sangat dimanfaatkan dan dimaksimalkan untuk mengobati rindu dan sekaligus membalas budi kepada Pondok yang telah berjasa membesarkan para alumni tersebut.

Selain temu kangen yang menjadi agenda utama dalam acara reuni, masing-masing alumni tersebut juga menambahkan agenda khusus yang berkaitan dengan progam pondok yaitu renovasi masjid yang saat ini tengah berlangsung. Masjid kebanggan para alumni semasa mereka menjadi santri karena tentunya didalam masjid tersebut tersimpan ribuan kenangan yang tak akan bisa dilupakan, dan menjadi suatu kebanggan manakala masjid tersebut telah terealisasi untuk direnovasi agar menjadi lebih berdaya tampung, nyaman dan bermanfaat bagi santri, guru, alumni dan masyarakat dimasa yang akan datang.

Dengan semangat cinta kepada Pondok yang selama ini tersimpan dalam lubuk hati para alumni, bertepatan pada acara reuni masing-masing alumni dengan kompak memberikan infaq kepada Pondok baik berupa uang maupun barang agar masjid kebanggan bisa segera terselesaikan.

Selain itu, dalam reuni tersebut masing-masing alumni memiliki beberapa agenda kegiatan sebagaimana berikut ini;

Alumni 23 tahun 1988

Dari 3 angkatan alumni yang melakukan kegiatan reuni di Pondok tahun ini, alumni 23 merupakan alumni tertua. Mengingat kondisi tersebut format kegiatan reuni yang mereka agendakan dibuat singkat namun tetap tidak mengurangi kekhidmatan dan keharmonisan keluarga yang telah lama tidak bertemu.

Rombongan tiba di Pondok pukul 9.30 pagi menggukan Bus dari terminal Madiun. Setibanya di Pondok rombongan alumni langsung disambut oleh Bapak Pimpinan Pondok Ust. KH. Moh. Tholhah, S. Ag dan Ust. Drs. KH. Moh. Ihsan, M. Ag. Pemandangan sejuk dan teduh terlihat ketia para alumni berjabat tangan, memeluk dan sungkem kepada Pimpinan Pondok meskipun cuaca saat itu panas, sungguh pertemuan yang mengharukan.

Setelah berbincang singkat rombongan diajak oleh Pimpinan Pondok untuk bernostalgia dengan berkeliling asrama melihat berbagai perubahan dan kemajuan yang sudah dicapai Pondok hingga hari ini. Selepas berkeliling sembari mendoakan pesantren, Pimpinan Pondok mengajak kepada Alumni untuk berziarah ke makam Pendiri Pondok yaitu KH. Muhammad Thoyyib, KH. Ahmad Thoyyib dan KH. Ibrohim Thoyyib (Allahu yarham) untuk mendokan beliau.

Setalah lama berdzikir dan berdoa untuk para pendiri, rombongan langsung menuju di rumah almarhum KH. Ibrohim Thoyyib untuk melaksanakan acara reuni alumni 23. Acara berlangsung sangat khidmat dan special. Karena pada kesempatan tersebut Ketua Majlisu Riyasatil Mahad Ust. KH. Moh. Bisri, MA berkenan hadir untuk terus mendoakan para alumni agar tetap bisa istiqomah dalam menyebarkan kebaikan Islam di seluruh penjuru bumi.

Dalam acara yang berlangsung hikmat dan penuh haru tersebut, alumni 23 berinfaq untuk renoasi Masjid Pondok senilai Rp. 50.000.000,- yang diterima oleh Bapak Pimpinan Pondok. Tidak hanya itu, alumni 23 juga memberikan tali asih kepada 40 guru syuyukh yang telah mendidik dan mengajar mereka selama menjadi santri di Ngabar.

Alumni 30 tahun 1995

Terbit, kondusif dan sukses. Cukup 3 kata untuk menggambarkan perjalan kegiatan reuni alumni 30 yang terlaksana di Pondok pada tahun ini. Bagaimana tidak, 400 alumni dengan membawa suami/ istri dan anak mereka dalam reuni yang berlangsung selama 3 hari yaitu pada Sabtu-Senin, 24-26 Desember 2016 M

Rombongan alumni tiba di Pondok pada sabtu siang, khusus untuk putra beristirahat di Gedung Juang 61 dan putri beristirahat di Ruang VIP dan Gedung Andalus. Setelah melalukan proses registrasi kedatangan alumni, pada hari pertama dilaksanakan pembukaan reuni dan SILATNAS 3 yang dihadiri oleh Bapak Pimpinan Pondok pada pukul 20.00 WIB.

Ahad pagi, setelah melaksanakan sholat subuh berjamaah, acara dilanjutkan dengan muhadatsah pagi. Layaknya santri, mereka berkomunikasi dengan memakai bahasa arab dan inggris, berteriak ramai di depan masjid. Suasana yang sangat menyejukkan dan menyenangkan. Acara Muhadatsah berlangsung dari pukul 05.00-06.00 pagi yang kemudian bertemu dengan Pimpinan Pondok untuk melanjutkan kegiatan lain yaitu berkeliling asrama sambil bernostalgia mengenang perjuangan mereka 20 tahun lalu dalam belajar di Pondok dan dilanjutkan dengan berziarah ke makam pendiri.

Setelah sarapan pagi di dapur tercinta dengan menu ala santri, acara dilanjutkan dengan Silatnas hingga pukul 17.00 WIB. Malam harinya adalah acara puncak yaitu penutupan kegiatan Silatnas 3 alumni 30, yang pada kesempatan tersebut ketua panitia melaporkan seluruh kegiatan alumni termasuk menyerahkan infaq donasi alumni untuk renovasi Masjid Pondok tercinta senilai Rp. 150.000.000,-.

“Nilai uang ini tidak seberapa, dibandingkan dengan ilmu dan keberkahan yang kami terima setelah kami selesai belajar dari Pondok, mohon diterima pak Kyai”, ujar ketua panitia dalam sambutannya.

Reuni yang bertajuk dalam SILATNAS 3 alumni 30 memang sudah direncakan jauh hari dengan dibentuknya panitia pusat dan panitia lokal. Pantia pusat sebagai penanggungjawab utama seluruh kegiatan selama reuni. Adapun panitia lokal sebagai pelakasana lapangan yang dengan detail mempersiapkan segala sesuatunya sehingga pelaksanaan kegiatan ini tertib, sistematis dan lancar.

Alumni 45 tahun 2011

Merupakan alumni termuda yang mengadakan kegiatan reuni setelah mereka dikukuhkan pada 2011 silam. Reuni yang diadakan ini sebenarnya sebatas untuk melepas rindu, dengan profesi dan kondisi yang rata-rata masih bujang dan baru selesai menempuh pendidikan tinggi jenjang Strata 1. Reuni diadakan atas dasar kekuatan ikatan persahabatan dan rasa cinta yang mendalam kepada Pondok.

Dalam kesempatan reuni pedana alumni 45 ini, selain sungkem kembali dan mendengarkan tausyiah dan nasehat Pimpinan Pondok, alumni 45 juga berinfaq untuk progam renovasi masjid berupa 45 sak semen yang pada kesempatan itu diterima oleh Ust. KH. Heru Saiful Anwar, MA.
“Mudah-mudahan diusia yang muda ini, kalian dimudahkan dalam belajar, kuliah setinggi mungkin bahkan kalau bisa jadi Doktor, atau jadi pengusaha yang hebat, yang paling utama adalah syiar Pondok terus terjaga kepada seluruh lapisan masyarakat.” Ujar Ustadz Heru. (Fawaid)